ONNY PARAMAI SORAYA
15111473
2KA39
ONGKOS
DAN PENERIMAAN
Macam-Macam Ongkos dan
Kurva Ongkos
Ongkos adalah kurva yang menunjukkan saling berhubungan
antara jumlah ongkos produksi dengan tingkat output yang dihasilkan. Sedangkan yang dimaksud dengan ongkos
produksi adalah semua pengeluaran yang dilakukan oleh perusahaan untuk
memperoleh faktor-faktor produlsi yang gunanya untuk memproduksi output atau
pengeluaran.
Kurva ongkos adalah kurva yang menunjukan hubungan antara jumlah
ongkos produksi dengan tingkat tinggi output yang dihasilkan
Macam-macam ongkos diantaranya
sebagai berikut :
Biaya Tetap (Fixed Cost :
FC)
yaitu, merupakan balas jasa dari
pada pemakaian faktor produksi tetap (fixed factor), yaitu biaya yang
dikeluarkan tehadap penggunaan faktor produksi yang tetap dimana besar kecilnya
biaya ini tidak dipengaruhi oleh besar kecilnya output yang dihasilkan.
Biaya tidak tetap (Variabel
cost : VC)
yaitu merupakan biaya yang
dikeluarkan sebagai balas jasa atas pemakaian variabel faktor, yang besar
kecilnya dipengaruhi langsung oleh besar kecilnya output.
Biaya Total (Total cost :
TC)
yaitu merupakan jumlah keseluruhan
dari biaya tetap dan biaya tidak tetap.
Biaya Rata-rata (Avarage
Cost : AC)
yaitu merupakan ongkos persatu
satuan output; baik untuk biaya rata-rata tetap (avarage fixed cost) dan
biaya rata-rata variabel (avarage variable cost) dan rata-rata total (avarage
total cost), diperoleh dengan jalan membagi biaya Total dengan jumlah
output yang dihasilkan.
Biaya Marginal (Marginal
cost : MC)
yaitu merupakan biaya tambahan yang
diakibatkan dari penambahan satu-satuan unit output.
Biaya Tetap Rata-Rata (Avarage
fixed cost : AFC)
biaya hasil bagi biaya tetap dengan
jumlah yang dihasilkan.
Biaya Variabel Rata-Rata (Avarage
Variable cost : AVC)
diperoleh dengan jalan membagi biaya
variabel dengan jumlah produk yang dihasilkan.
Secara sederhana pengertian diatas
dapat ditulis sebagai berikut :
TC
= FC + VC AFC = FC : Q MC = TC1 – TCO
AVC
= VC : Q ATC = TC : Q
Ongkos produksi dibedakan menjadi :
- Ongkos Produksi Jangka Pendek. Didalam suatu ongkos produksi jangka pendek sebuah perusahaan sudah mempunyai peralatan-peralatan untuk produksi seperti halnya mesin, gedung dan tanah. Masalah yang perlu diperhatikan didalam ongkos jangka produksi pendek ini adalah bagaimana mengatasi masalah kebijakan bahan baku, tenaga kerja dan sebagainya ini adalah merupakan ongkos variabel. Jadi didalam ongkos produksi jangka pendek ini juga terdapat ongkos tetap dan ongkos variabel.
- Ongkos Produksi Jangka Panjang/ Didalam ongkos produksi janka panjang ini sebuah perusahaan dapat menambah semua faktor produksi, sehingga tidak ada yang namanya ongkos tetap didalam ongkos produksi jangka panjang. Semua pengeluaran didalam ongkos jangka panjang ini merupakan ongkos variabel.
Penerimaan
(Revenue)
Penerimaan adalah segala penerimaan produsen dari hasil penjualan
outputnya.
Kurva penerimaan adalah kurva yang didalam memproduksi suatu barang,
ada dua hal yang menjadi fokus utama dari seorang pengusaha dalam rangka
mendapatkan keuntungan yang maksimum, yaitu ongkos (cost) dan penerimaan
(Revenue).
Macam-macam penerimaan :
Total penerimaan (Total
revenue : TR)
yaitu total penerimaan dari hasil
penjualan outputnya.
Pada pasar persaingan sempurna, TR
merupakan garis lurus dari titik origin, karena harga yang terjadi dipasar bagi
mereka merupakan suatu yang datum (tidak bisa dipengaruhi), maka penerimaan
mereka naik sebanding (Proporsional) dengan jumlah barang yang dijual.
Pada pasar persaingan tidak
sempurna, TR merupakan garis melengkung dari titik origin, karena masing
perusahaan dapat menentukan sendiri harga barang yang dijualnya, dimana
mula-mula TR naik sangat cepat, (akibat pengaruh monopoli) kemudian pada titik
tertentu mulai menurun (akibat pengaruh persaingan dan substansi).
Penerimaan rata-rata (Avarage
Total revenue: AR)
yaitu rata-rata penerimaan dari per
kesatuan produk yang dijual atau yang dihasilkan, yang diperoleh dengan jalan
membagi hasil total penerimaan dengan jumlah satuan barang yang dijual.
Penerimaan Marginal (Marginal
Revenue : MR)
yaitu penambahan penerimaan atas TR
sebagai akibat penambahan satu unit output.
Keuntungan
Maksimum
Permintaan dan Hasil Jualan
Didalam menganalisis usaha sesuatu
perusahaan untuk memaksimumkan keuntungan ada dua hal yang harus diperhatikan
yaitu : Biaya produksi yang dikeluarkan perusahaan Hasil penjualan dari barang
yang dihasilkan perusahaan itu.
- Permintaan Pasar dan Perusahaan
- Hasil Penjualan Marginal, Rata-rata dan Total
Tidak ada komentar:
Posting Komentar